Sumber Energi Listrik Terbesar di Dunia, Petir

Monday, 9 November 2009

animasi_petir
Sumber listrik terbesar di dunia sesungguhnya adalah petir. Silahkan anda seimak uraian berikut tentang energi petir :

Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar dari pada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat Celcius. Bandingkan dengan suhu di dalam tanur untuk meleburkan besi yang hanya antara 1.050 dan 1.100 derajat Celcius. Denga panas yang luar biasa ini petir dengan mudah dapat membakar dan menghancurkan seluruh unsur yang ada di muka bumi. Perbandingan lainnya, suhu permukaan matahari mencapai 700.000 derajat Celcius. Dengan demikian maka suhu petir adalah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.

Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 amp. Sebuah las menggunakan 250-400 amp untuk mengelas baja. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik, atau setengah kecepatan cahaya, dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suara Kilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke bumi dengan kecepatan 96.000 km/jam.

Sambaran pertama mencapai titik pertemuan atau permukaan bumi dalam waktu 20 milidetik, dan sambaran dengan arah berlawanan menuju ke awan dalam tempo 70 mikrodetik. Secara keseluruhan petir berlangsung dalam waktu hingga setengah detik. Suara gemuruh yang mengikutinya disebabkan oleh pemanasan mendadak dari udara di sekitar jalur petir. Akibatnya, udara tersebut memuai dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, meskipun gelombang kejutnya kembali ke gelombang suara normal dalam rentang beberapa meter. Gelombang suara terbentuk mengikuti udara atmosfer dan bentuk permukaan setelahnya. Itulah alasan terjadinya guntur dan petir yang susul-menyusul.

Petir berarus listrik terbesar

Majalah Intisari pernah mengungkapkan bahwa petir berarus listrik terbesar terdapat di Indonesia, tepatnya di daerah Depok. PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei dan Juni 2002, mensponsori penelitian untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS). Tak disangka, para peneliti mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

Dengan kuat arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan yang terbuat dari beton sekalipun. Selama ini, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir yaitu udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol, terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.

Dalam majalah Intisari edisi Desember 2000, disebutkan bahwa bumi bisa diibaratkan sebagai kapasitor. Antara lapisan ionesfer dan Bumi, jika langit cerah, ada arus listrik yang mengalir terus-menerus, dari ionosfer yang bermuatan positif ke Bumi yang bermuatan negatif. Tapi Bumi tidak terbakar, karena ada awan petir yang bermuatan listrik positif maupun negatif sebagai penyeimbang. ¡§Yang positif turun ke Bumi, dan yang negatif naik ke ionosfer.

Ketika langit berawan, tidak semua awan adalah awan petir. Hanya awan cumulonimbus yang menghasilkan petir. Petir terjadi karena pelepasan muatan listrik dari satu awan cumulonimbus ke awan lainnya, atau dari awan langsung ke Bumi.

Saat kita merenungi semua perihal petir ini, kita akan memahami bahwa peristiwa alam ini adalah sesuatu yang menakjubkan. Bagaimana sebuah kekuatan luar biasa semacam itu muncul dari partikel bermuatan positif dan negatif, yang tak terlihat oleh mata telanjang, menunjukkan bahwa petir diciptakan dengan sengaja oleh Sang Pencipta. Lebih jauh lagi, kenyataan bahwa molekul-molekul nitrogen, yang sangat penting untuk tumbuhan, muncul dari kekuatan ini, sekali lagi membuktikan bahwa petir diciptakan khusus oleh Sang Pencipta, bukan terjadi secara kebetulan.

Nah, sekarang muncul ide gile, bagaimana memanfaatkan energi petir yang luar biasa itu agar tidak terbuang secara mubazir? Agar tidak terjadi lagi krisis energi listrik di Negara kaya petir ini. Agar tidak perlu lagi pemadaman listrik bergilir. Agar semua pelosok negri ini tidak hidup dalam kegelapan malam..????

9 comments:

Pasaman said...

Betul-betul-betul. Sampai sekarang belum ada yang tahu bagaimana memanfaatkan energi petir, kayaknya menarik untuk dikaji.

wahhh,,,saya baru tahu kalo petir memiliki kekuatan sedahsyat itu,,hehee,,
tapi dengan potensi petir yang besar diindonesia justru saya takut,,hehehe,,kalo kesambar,,
makasih gan atas infonya,,
semoga petir bisa dijadikan sumber listrik ya,,

memang benar belum ada yang memanfaatkan energi petir..
yang menjadi masalah selama ini adalah, tidak mampunya manusia membuat petir terjadi secara berkesinambungan / terus menerus..
sehingga dengan kondisi yang tidak terus menerus ini, membuat cadangan listrik tidak stabil.
mohon maaf kalau persepsi saya keliru..
trim's..\

harus di lakukan penelitian dan pengembangan lebih jauh untuk memenuhi kebutuhan listrik indonesia

Apabisa dimanfaatkan energi petir ini?

Petir memang energi terbesar sayang nya tidak bisa diprediksi dimana dia akan menyambar, bahakan dikatakan petir tidak mungkin menyambar ditempat yang sama

kunjungi balik di blog2 saya ya
kado pernikahan grosir sprei murah klik disini read more Jual bedcover murah Jual sprei katun jepang murah Jual sprei hotel Jual bantal murah klik disini Jual bantal cinta murah Jual bantal selimut murah Jual sprei anak murah grosir bantal murah grosir sprei katun jepang murah

artikel yang sangat bagus dan keren yang dapat menambah wawasan dalam ilmu pengetahuan yaitu tentang ilmu alam / antariksa. thank's mas bro.

Portable Toilet said...

informasi yang inspiratif dan edukatif, mantap dan keren. thank's

sumber bacaan yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang antariksa.

 
 
 

Recent Post

Recent Comments

 
Copyright © Adri Share